selamat datang sob, klik iklan ya :D

Senin, 26 Januari 2015

KREATIF DAN INOVATIF

                 Hai bro, sebuah bisnis yang sukses pada masa sekarang ini sangat berkaitan dengan dua kata ini "KERATIF DAN INOVATIF". Bahkan hal ini dibuktikan dengan banyak kisah orang-orang sukses, dari modal yang kecil, menemukan hal baru, atau bahkan hanya sekedar memanfaatkan sampah. Ini bukan soal bakat dan minat bro, tapi soal tekat dan mental untuk mau berubah.

              Nah, gue mau ngejelasin yang dimaksud kreatif ni bro, kreatif merupakan kata keren dari menciptakan sesuatu yang berbeda dari sebelumnya.
Tanpa kreatifitas di jaman modern ini, gue jamin loe bakal kesulitan buat ngawalin sebuah usaha bro, apalagi modal kecil, dan jaringan kurang luas. Beda klo loe kreatif modal sampah aja, bisa loe buat jadi sebuah hal yang menguntungkan, bahkan membuat loe jadi jutawan. Kenapa cuma jutawan, mungkin loe bertanya-tanya.... Yah, jawabannya gampang bro, gue coba realistis dan gak muluk-muluk. Kreatif gak harus penemuan bro, bisa juga kita menggabungkan hal hal yang udah ada sebelumnya menjadi hal baru. Contoh aja nih bro : ada seorang yang berhasil memanfaatkan limbah sampah plastik jadi pakaian, nah loe bisa ambil ide itu misal loe manfaatin limbah bathok kelapa jadi tas.
              
              Disamping kreatif, kita juga perlu inovatif ya bro.... Apa sih maksudnya inovatif??  Inovatif adalah menciptakan suatu hal yang belum ada sebelumnya atau menciptakan hal yang benar benar baru. Nah, karena prinsip dari inovatif adalah hal baru, maka haruslah bagi agan-agan yang mau bisnis nya sukses dengan modal yang minimalis untuk terus mencoba dan tidak takut gagal. Dan peganglah motto hidup "Beribu ribu kali gagal akan terbayar dengan sekali berhasil". UNtuk contoh dari inovatif, gak perlu lah... agan-agan juga pasti sudah tau, hal yang udah ada apa? dan yang belum apa? Oke.

             Berikut ini syarat-syarat agar agan agan sekalian mampu bersfikir kreatif dan inovatif :
1. Persiapan, =====> dengan membekali diri dengan pendidikan, baik formal maupun informal mengenai entrepreneurship (kewirausahaan).
2. Usaha ====> Teruslah berusaha mengumpulkan ide sebanyak mungkin, tapi jangan dievalusai dulu.
3. Inkubasi ====>menggabungkan ide-ide yang ada, sehingga mucul ide baru.
4. Perlu juga pengertian ===> sebelum memulai usaha, agan juga perlu memahami secara mendalam persoalan yang sedang dihadapi ataupun akan dihadapi ketika sudah mulai berbisnis.
5. Yang terakhir, Evaluasi ====> Pilih ide yang terbaik, dari segi nilai, biaya, hukum, dan sebagainya.

          Sekian post saya, kalo ada yang mau ditanyakan silahkan tingggalkan komentar dibawah. Mahasiswa fakultas ekonomi siap membantu, Heehehehe :D

Tidak ada komentar: